19 Februari 2008

Daftar Artikel "MAKIN DISAYANG ALLAH"


Daftar Artikel:

Berpisah Dengan Ramadhan
“Nabi Muhammad saw bila telah masuk sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, diramaikannya waktu malam, dibangunkannya keluarganya, dan diikatnya erat-erat sarungnya.”

Al-Quran dan Ramadhan
”Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang dan yang bathil).” (QS al-Baqarah [2]:185)
”Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”(QS Shaad [38]:29)
”Puasa dan al-Quran akan memberi syafaat kepada seorang hamba. Puasa berkata, “Tuhan aku telah menahannya dari memakan makanan dan melampiaskan syahwatnya disiang hari, maka jadikanlah aku sebagai penolong baginya. Al-Quran berkata ”Tuhan, aku telah menahannya dari tidur dimalam hari karena membaca al-Quran.” Maka keduanya diizinkan Allah untuk memberi pertolongan kepadanya.”(HR Hakim)

Agar Wajah Anda Segar Berseri
”Semoga Allah mencerahkan wajah orang yang mendengarkan hadits dari kami, kemudian menyampaikannya kepada yang lain.”(HR Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya)

Penuhi Keinginan Orang Sakit
”Jika orang yang sakit menginginkan suatu makanan, berikanlah makanan itu.” (HR Ibnu Majah)

Sepuluh Hari Terakhir
”Apabila umat ini tahu apa yang ada dalam Ramadhan, niscaya mereka akan mengharapkan hal itu selama satu tahun penuh.”(HR Tabrani)

Evaluasi Diri Dengan I’tikaf
”Pada malam itu (Lailatul Qadar) turunlah para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS al-Qadr[97]:1-5)

Cara Berzikir Orang-orang Saleh Terdahulu
”Ingatlah Allah (berzikirlah) sebanyak-banyaknya agar kalian beruntung (QS al-Jumuah [62]:10)

Keajaiban Istigfar (I)
”Barangsiapa memperbanyak Istigfar, Allah akan membebaskannya dari kedukaan, memberinya jalan keluar dari kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duganya.” (HR Abu Dawud)

Keajaiban Istigfar (II)
”Mohonlah ampunlah kepada Allah sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS Nuh [7]:10)
”Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya ) untukmu sungai-sungai.”(HR Ahmad dan Abu Dawud)

Menjemput Lailatul Qadar
”Barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul Qadar, niscaya diampuni dosa-dosanya yang sudah lewat.” (HR Bukhari dan Muslim)
”Pada permulaan sepuluh malam terakhir Ramadhan, Rasul saw mengetatkan ikat pinggang dan mengerjakan shalat sepanjang malam, dan membangunkan semua anggota keluarganya untuk shalat” (HR Bukhari)

Semangat Menuntut Ilmu
Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah.Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya didunia dan diakhirat.(HR Ar-rabii)

Marah atau Pilih Bidadari
”Barangsiapa yang mampu meredam amarahnya, padahal ia sanggup untuk melampiaskannya, diakhirat kelak Allah akan memanggilnya dihadapan para mahluk, kemudian ia dipersilahkan untuk memilih bidadari mana saja yang diinginkannya.”(HR Abu Dawud)
”Orang yang kuat adalah orang yng mampu mengendalikan dirinya saat marah”(HR Muslim)

Berzikir Ibdah Paling Ringan
”Perumpaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dengan orang yang tidak berzikir, seperti perbedaan orang yang hdup dengan orang yang mati.” (HR Bukhari –Muslim)
”ingatlah, hanya dengan mengingati Allah lah hati menjadi tentram.” (QS Ar-Ra’d [13]:28)
”Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu.”(QS al-Baqarah [2]:152)
”Barangsiapa membaca ”Subhanallah al azhim wa bihamdihi”, maka akan dibangun untuknya sebuah pohon kurma disurga.”(HR Tirmidzi)

Buatlah Allah Kagum Kepada Kita
”Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.” (QS al-Maidah [5]:13)

Nikmat Memaafkan
”Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang yang mengerjakan yang ma’ruf serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh. Dan jika kamu ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahanny (QS al-A’raf [7]:199-201)

Menggemakan Takbir

Fitrikan Hati dan Pikiran
Hasil yang kita harapkan dari ibadah shaum adalah ketakwaan kepada Allah Swt, derajat paling tinggi di sisi Allah. Manusia yang bertakwa akan terus menerus memelihara ketaatan dan cintanya kepada Allah sehingga ibadah bukan lagi dirasakan sebagai kewajiban, melainkan menjadi kebutuhan yang terus menerus dilakukan selama hidupnya.

Memaafkan dan Dimaafkan
Saudaraku, kedamaian dan ketenangan yang kita rindukan sebenarnya juga berawal dari sifat memaafkan. Oleh karena itu, Idul Fitri merupakan momen yang paling tepat untuk saling bermaafan.

Agar Allah Menjaga Anak Cucu Kita
’Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran bukanlah cerita yang dibuat-buat....” (QS Yusuf [12]:111)

Jangan Lupa Dengan Niatnya
”Setiap perbuatan bergantung pada niatnya, dan setiap orang akan memperoleh balasan sesuai dengan niatnya.”(HR Bukhari-Muslim)

Tidak Tidur Pada Pagi Hari
”Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi hari mereka.” (Doa Nabi Saw)

Berdakwah Tugas Kita Semua
”Sampaikanlah ajaran dariku walaupun satu ayat (kalimat).”(HR Bukhari)
”A good word is a charity. Perkataan yang baik adalah sedekah.” (HR Bukhari)

Nikmat Memberi, Nikmat Berbagi
“Tangan yang diatas (memberi) lebih baik daripada tangan yang dibawah (yang diberi). Dan mulailah dengan memberi sedekah kepada orang-orang yagn menjadi tanggungan mu. Barangsiapa yang memohon terpelihara , maka Allah akan memelihara orang itu dan barangsiapa yang memohon kecukupan, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya.” (HR Bukhari)
”Hai orang-orang yagn beriman, belanjakanlah (dijalah Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari tidak ada lagi jual beli (QS a-Baqarah [2]:254)

Ihsan
”Ihsan yaitu hendaknya engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Sekiranya engkau tidak melihat-Nya, ketahuilah bahwa Dia senantiasa memperhatikanmu.”(HR Muslim)

Baik Luar Dalam
”Allah tidak memandang kepada bentuk tubuh dan penampilan kalian, tetapi memandang kepada hati dan perbuatan kalian.” (HR Muslim)

Pakailah Otak Bukan Otot
”Jika dua orang Muslim bertemu dengan menghunus pedangnya masing-masing (berkelahi), maka yang membunuh dan terbunuh berada dalam neraka.” (HR Bukhari-Muslim)

Musibah
”Orang yang dikehendaki Allah mendapat kebaikan, akan diberikan musibah kepadanya.”(HR Bukhari)

Tidak Malukah Kita Pada Seekor Anjing?
”Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakan dari setitik air (mani), tiba-tiba ia menjadi pembangkang yang nyata.” (QS Yasin [36]:77)

Ikhtiar Sehat
”...dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) kedalam kebinasaan dengan tanganmu sendiri...” (QS al-Baqarah [2]:94)
”Mukmin yang kuat lebih dicintai Allah Swt daripada Mukmin yang lemah.” (al-Hadits)

Gampang Tersulut
”...sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS Yusuf [12]:53)

Berbuat Curang
”Orang yang berbuat curang kepada kami, bukan dari pengikut kami.”(HR Muslim)

Amal, Yes! Maksiat, No!
”Allah menetapkan pahala bagi kebaikan dan dosa bagi keburukan. Jika seseorang berniat melakukan kebaikan, niatnya itu akan Allah catat dan diberi satu poin pahala. Jika niatnya itu benar-benar ia kerjakan, Allah akan mengalikannya dengan sepuluh poin pahala sampai tujuh ratus kali bahkan lebih. Tetapi, jika seseorang berniat melakukan keburukan, Allah tidak mencatat niatnya itu sampai ia benar-benar melakukannya. Jika ia mengerjakannya, barulah Allah mencatatnya sebaagai satu poin dosa. Tetapi jika ia tidak jadi melakukannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan mencatatkannya sebagai satu poin pahala.” (HR Bukhari-Muslim)

Menunda-nunda Amal
”Demi waktu. Sungguh manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”(QS al-’Ashr [103]:1-3)

Hidup Baru Selepas Ramadhan
”Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS ar-Ruum [30]:30)

Mengabaikan Cinta
”Katakanlah,’Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya’. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.” (QS at-Taubah [9]:24)

Makin Disayang Allah
”... Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS al-Baqarah [2]:222)
”Bertakwalah kepada Allah di manapun engkau berada, dan susullah perbuatan dosa dengan kebaikan, pasti akan menghapusnya. Dan bergaullah bersama manusa dengan akhlak yang baik.” (HR Tirmidzi)

Berkah Pagi

Berbagi Cinta Berbagi Maaf
”Dan tidaklah Allah menambahkan pada diri seorang hamba karena sifat memaafkan kecuali kemuliaan” (HR Muslim)

Doa Harian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar